Fungsi Sebenarnya Dari Amsal


Pendalaman Alkitab

Ayat Alkitab diambil dari Amsal 22:17-21 :
Amsal-amsal orang bijak
17 Pasanglah telingamu dan dengarkanlah amsal-amsal orang bijak,
berilah perhatian kepada pengetahuanku.
18. Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu,
bila semuanya itu tersedia pada bibirmu.
19. Supaya engkau menaruh kepercayaanmu kepada Tuhan,
aku mengajarkannya kepadamu sekarang, ya kepadamu.
20. Bukankah aku telah menulisnya kepadamu dulu
dengan nasihat dan pengetahuan,
21. untuk mengajarkan kepadamu apa yang benar dan sungguh,
supaya engkau dapat memberikan jawaban yang tepat kepada yang menyuruh engkau.
Pokok Bahasan  
Fungsi sebenarnya dari amsal. Bagian ini merupakan sebuah bagian baru, yaitu kumpulan amsal-amsal orang bijak (Ams 22:17-24:34). Hal yang paling banyak disorot di sini adalah kemiripannya dengan pepatah-pepatah Amenemope dari Mesir. Dapat dikatakan bahwa Salomo dalam mendapatkan gagasan-gagasan amsalnya juga dipengaruhi oleh tulisan-tulisan lain. Dalam bagian ini dikatakan, "Bukankah aku telah menulisnya kepadamu dulu dengan nasihat dan pengetahuan" (ay 20), atau dalam terjemahan BIS dikatakan,"Tiga puluh petuah sudah kutuliskan untukmu--petuah-petuah yang mengandung pengetahuan dan nasihat vang baik."

Kata "tiga puluh" dalam bahasa Ibrani ( dengan vokal yang berbeda ) dapat dibaca "baik sekali" atau "yang lalu". Jadi, pengarang dapat menulis "kalimat-kalimat yang baik sekali" atau kalimat-kalimat yang belum ditulis pada waktu "yang lalu". Dalam buku Amenemope ada kalimat, "Camkanlah ketiga puluh pasal ini ...." Robert L. Alden mengatakan, "Kalau 'tiga puluh' merupakan terjemahan yang tepat, mungkin angka ini berhubungan dengan jumlah hari dalam satu bulan. Yang unik, Amsal mempunyai tiga puluh satu pasal, satu pasal untuk tiap hari dalam sebulan."

Pada bagian ini penulis mengarahkan perhatian murid kepada pepatah-pepatah yang telah dikatakan untuk memberikan pelajaran (ay 17), mengajaknya untuk menghayatinya sendiri, menyimpannya dalam hati tersedia pada bibirmu (ay 1-8). Pada masa kuno buku-buku sangat kurang, sehingga kemampuan untuk menghafal luar kepala merupakan sebuah kebutuhan. Mengapa pengajaran hikmat begitu penting'? Karena hikmat akan membuat pendengarnya percaya kepada Tuhan (ay 19). Tujuan hal ini yaitu:

Pertama, mengajarkan kepadatnu apa yang benar dan sungguh (ay 21a). Matthew Henry mengatakan, "Merupakan hal yang sangat diinginkan bukan hanya untuk mengetahui perkataan kebenaran itu, melainkan juga kepastian akan kebenaran itu sendiri. Dengan begitu, kita menjadi beriman dengan cerdas dan dengan akal sehat, dan bertumbuh dengan keyakinan penuh." Dengan demikian kita akan memiliki keyakinan yang benar.

Kedua, supaya engkau dapat memberikan jawaban yang tepat kepada yang menyuruh engkau (ay 21b). Pengetahuan yang diberikan kepada kita untuk berbuat kebaikan dan memberi pertanggungjawaban tentang pengharapan yang ada pada kita dengan sebaik-baiknya.

Aplikasi: Kita dapat mempertanggungjawabkan iman kita dengan menjalani hidup yang berkenan kepada Tuhan dan bergantung kepadaNya. "Siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggunganjawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggunganjawab dari kamu tentang pengharapan vang ada padamu." (1 Ptr 3: I 5b)

DOA SYARAT - PARA NELAYAN
Kita berdoa untuk para nelayan yang harus berjuang sampai ke tengah lautan, agar mereke dilindungi oleh Tuhan dalam perjalanan mereka menjala ikan, karena harusmenghadapi berbagai macam tantangan di tengah laut. Doakan juga supaya terus berhasil menangkap ikan.

Mutiara Kata Hari Ini
Hidup adalah tentang ketidaktahuan, keinginan mengubah, meluangkan waktu, dan melakukan yang terbaik, tanpa mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.
Gilda Radner



0 Response to "Fungsi Sebenarnya Dari Amsal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel