Pendalaman Alkitab: Pentingnya Pengetahuan Dan Sikap Hidup Bijak


Bijak Menurut Kristen

Ayat Alkitab : Amsal 22:10-12
10. Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran,
dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh.
11. Orang yang mencintai kesucian hati
dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.
12. Mata Tuhan menjaga pengetahuan,
tetapi Ia membatalkan perkataan si pengkhianat.
Pokok Bahasan 
Pentingnya pengetahuan dan sikap hidup bijak. Bagian ini mengajarkan pentingnya pengetahuan dan sikap hidup yang bijak. Pertama, pencemooh dengan kebodohannya. Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh (ay 10). Si pencemooh tidak bisa menerima didikan dan teguran. Kesukaannya adalah mencemooh orang lain, bahkan lebih daripada itu ia suka menggugat orang lain. Kalau si pencemooh diusir, maka kita akan menyelamatkan diri kita dari pertengkaran, perbantahan, dan cemooh. Sebuah amsal dari rabi kuno berkata, "Ketika seorang bebal meninggalkan ruangan, sepertinva seorang bijak masuk ke dalam ruangan itu." Siapa yang ingin mendatangkan kedamaian harus menvingkirkan si pencemooh.

Kedua, kesucian hati. Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja (ay 11). Salah satu ciri orang bijak dalam Kitab Amsal adalah dapat mengontrol kata-katanya dan berbicara manis. Orang ini tidak hanya memiliki pemikiran yang suci, tetapi dia mencintai pemikiran yang demikian. Kedudukan yang layak diterima oleh orang yang demikian.

Ketiga, sikap Tuhan terhadap orang bijak dan pengkhianat. Mata TUHAN menjaga pengetahuan, tetapi la membatalkan perkataan si pengkhianat (ay 12). Tuhan mengetahui segala sesuatu dan mengawasi yang baik dan yang jahat. Tuhan tidak hanya mengawasi sesuatu, tetapi juga menjaga pengetahuan yang berasal dari Tuhan (Ams 30:3). Tuhan adalah pelindung dan pembela kebenaran. Kata-kata yang benar akan tetap hidup, tetapi kata-kata yang tidak benar akan dibatalkan. Robert L. Alden mengatakan, "Amsal ini adalah pendahuluan dari janji yang mengatakan bahwa pada suatu hari semua dusta dan bapa dusta akan menderita malu dan mengalami kekalahan."

Tuhan yang mengalahkan si pengkhianat, kata-kata dan rancangannya dibatalkan oleh Tuhan.

Aplikasi: Orang bijak berbicara dengan baik. "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang maninis , semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanva itu." (Flp 4:8)

Mutiara Kata Hari Ini
Pikiran membutuhkan buku sebagaimana pedang membutuhkan batu asahan.

George R.R. Martin

Humor: Pesan Pizza Via Telpon
Bu Joni       : Mas, pesan pizza yang tuna large dua.
Call Center : Apa lagi?
Bu Joni       : Sama saladnya, tiga dan paket combo 2, satu.
Call Center : Ada lagi?
Bu Joni       : Itu saja. Berapa semuanya?
Call Center : 750ribu rupiah, sudah termasuk biaya kirim.
Bu Joni       : Nggak salah hitung, Mas. Mahal sekali?
Call Center : Ini harga versi quickcount Bu, kalau versi realcount, telepon saja nanti dua jam lagi.
Bu Joni       : ?!?!?!?!


0 Response to "Pendalaman Alkitab: Pentingnya Pengetahuan Dan Sikap Hidup Bijak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel